Kamis, 21 Maret 2013

Mengatasi Flu

Mengatasi Flu

8ba9dc5c1eb6adcb82711605ec0b29dc_flu
Anda sering mengalami gejala flu? bersin-bersin? hidung mampet? batuk? kepala pusing? demam?? Jika sering, maka cobalah untuk memperhatikan beberapa arahan dibawah ini.
Flu bukan merupakan penyakit berat, tetapi agak merepotkan juga kalau kerjaan terganggu gara-gara flu. Sebetulny flu tidak memerlukan obat. Flu bisa timbul ketika kondisi tubuh tidak fit, atau bisa disebut daya tahan sedang menurun.
Pencegahan
Flu dapat dicegah dengan merubah pola hidup, diantaranya sebagai berikut :
- Selalu sarapan tiap hari.
Sarapan bukan hanya bisa mencegah flu, tetapi juga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi baik. Sehingga semua penyakit yang datang, tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan karena dilawan terlebih dahulu oleh antibody yang ada dalam tubuh.
- Mengkonsumsi Vitamin
Vitamin boleh yang berasal dari alam, alias buah-buahan, sayuran, dll. Boleh juga vitamin yang sudah dikemas sedemikian rupa menjadi bentuk tablet, kaplet, atau sejenisnya.
- Istirahat yang Cukup
Istirahat yang kurang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah terkena penyakit. Istirahat sebaiknya tidak kurang dari 6 jam untuk memastikan proses regenerasi sel dalam tubuh telah sempurna.
- Jaga Pola Makan
Hindari makanan yang kurang memiliki gizi yang baik, makanan cepat saji, dan makanan yang tidak bersih. Karena makanan seperti itu bukannya membuat tubuh sehat, malah membawa penyakit.
- Olah Raga Teratur
Kesibukan aktivitas sehari-hari kadang membuat perhatian kita terhadap olah raga menjadi terkesampingkan. Padahal proses pembakaran lemak yang berlebihan dalam tubuh yang hanya bisa dilakukan dengan olah raga juga sangat menunjang kesehatan tubuh kita. Sempatkanlah untuk olah raga diwaktu senggang, seperti hari libur, atau beberapa menit di pagi hari sebelum mandi.
-Banyak Minum Air Putih
Air putih bagus untuk kesehatan. Diusahakan dalam sehari minum air putih tidak kurang dari 2 liter.
Pengobatan
Pengobatan dilakukan bila antibody tubuh sudah tidak mampu lagi menahan serangan yang datang. Maka disinilah peran obat diperlukan. Sebagai pembantu antibody untuk menyerang penyakit yang ada dalam tubuh.
Obat-obat yang biasa dipergunakan untuk flu itu tergantung gejala yang dialami. Untuk keluhan sakit kepala/demam, bisa menggunakan Parasetamol Dosis 500mg 3×1 hari. Dosis bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.
Untuk keluhan batuk obat yang digunakan bisa efedrin HCl (untuk batuk tidak berdahak), atau gliseril guaiacolat (untuk batuk berdahak).
Hidung mampet bisa menggunakan menthol/camphor (inhaler), cara penggunaannya dihirup oleh hidung, sehingga mendilatasi rongga hidung.
Bila kerongkongan Anda meradang, yang ditandai dengan warna merah pada kerongkongan, bisa menggunakan antibiotik amoxicillin, ciprofloxacin, dll. Untuk pengobatan awal sebaiknya gunakan amoxicillin dulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari resistensi bakteri.
Semoga Bermanfaat..
Poskan Komentar